SEKILAS TENTANG INTERBASE & DATABASE CLIENT SERVER

Interbase adalah salah satu database RDBMS yang menggunakan teknologi client server.

Gambaran perbedaan aplikasi yang menggunakan database desktop (file sharing) dengan aplikasi yang menggunakan database client server dapat dilihat pada ilustrasi gambar berikut :

Pada database desktop proses baca tulis terhadap database dilakukan langsung oleh aplikasi sedangkan untuk database client server proses baca tulis terhadap database dilakukan oleh database server, aplikasi hanya mengirimkan perintah dan membaca hasil dari query dan dihasilkan database server.

Pada aplikasi remote yang mana database terletak di komputer lain apalagi datanya cukup besar, dengan database client server mempunyai keunggulan dari segi kecepatan karena lebih sedikit data yang dikirim melalu jaringan.

Contoh database yang berbasis desktop/file sharing :

Dbase, FoxPro, Paradox, Access, dll

Contoh database yang berbasis client server :

Interbase, Firebird, Blackfish SQL, MS SQL Server, MySQL, Oracle, SQL Anywhere, Postgresql, dll

Interbase merupakan database client server yang dapat berjalan di banyak platform diantara Windows, Linux, Mac, Solaris.

Salah satu kelebihan Interbase adalah foot print yang kecil, instalasi mudah dan hampir tidak perlu perawatan, sehingga dalam pendistribusiannya tidak mewajibkan seseorang dengan pengetahuan khusus untuk instalasi dan perawatan.

Referensi tentang Interbase dapat dibaca di …

http://en.wikipedia.org/wiki/InterBase

http://www.embarcadero.com/products/interbase

Leave a Reply

Your email address will not be published.