Cara menyambung data Interbase ke lokasi lain

Sebuah tempat penyimpanan data (Database), dengan berjalannya waktu pastinya lambat laun semakin lama akan semakin besar ukurannya.

Pada saat pertama kali memasang aplikasi mungkin kita menganggap bahwa dengan HDD sebesar 80GB sudah lebih dari cukup karena memang untuk saat ini datanya belum banyak dan rasanya mubadzir juga kalo harus memasang HDD ukuran 500GB kalo memang belum diperlukan.

Dengan perkembangan data / informasi yang disimpan, pada suatu saat HDD 80GB mungkin hanya tersisa untuk menyimpan data satu minggu kedepan.

Untuk mengatasi hal ini umumnya adalah dengan membeli HDD yang ukurannya minimal lebih besar dari HDD semua, copy semua datanya ke HDD yang baru.

Tentunya hal ini akan membutuhkan biaya yg cukup besar karena HDD baru harus selalu lebih besar dari HDD lama, juga akan membutuhkan waktu cukup lama untuk melakukan backup (pencopyan data dari HDD lama ke HDD baru) yang sedikit banyak akan mengganggu operasional.

Padahal dalam beberapa kasus sebuah database server dituntut untuk selalu Online (siap diakses 24 jam), boleh berhenti dengan waktu semimimal mungkin.

Beruntung Interbase memberikan solusi yang mudah dan nyaman untuk masalah ini.

Data bisa menyambung ke HDD lain tanpa memindahkan data lama ke HDD baru sehingga HDD lama masih tetap dipakai, hal ini tentunya akan menghemat biaya karena kita bisa membeli HDD baru seukuran HDD lama tidak harus lebih besar.

Dari segi waktu juga menghemat, karena mematikan server hanya dibutuhkan waktu memasang HDD baru saja, untuk proses penyambungannya bisa dilakukan walaupun server sedang dipakai.

Kalo pemasangan HDD baru bisa dilakukan secara “hot swapping”, artinya memasang HDD tanpa mematikan komputer, maka proses ini sama sekali tidak mengganggu operasional.

langsung aja deh caranya, mudah kok …

Untuk ini kita gunakan tool isql.exe bawaan Interbase.

c:\ib2007\bin>isql d:\data.interbase\databank.ib
Database: d:\data.interbase\databank.ib
SQL>

berikan perintah show database;

SQL>show database;
Database: d:\data.interbase\databank.ib
Owner: SYSDBA

PAGE_SIZE 4096
Number of DB pages allocated = 18123456
Sweep interval = 20000
SQL>

disitu tertera jumlah pages sebesar 18123456, kalo kita kalikan dengan pagesizenya (4096) maka akan ketemu hampir mendekati 70GB.

selanjutnya berikan perintah berikut ini ..

SQL> alter database add file 'e:\data.interbase\databank2.ib'
CON> starting at page 18350080;
SQL>

perintah diatas artinya memerintahkan Interbase untuk meneruskan penyimpanan ke e:\data.interbase\databank2.ib (HDD baru), jika data sudah mencapai 18350080 pages (70GB).

Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama (hanya hitungan detik-menit) dan sama sekali tidak mengganggu operasional (tidak perlu mematikan server).

Demikian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.