Membuat Realtime Search menggunakan Delphi & Firebird


Assalamu’alaikum Wr Wb,
Beberapa waktu yang lalu saya pernah berbagi Aplikasi RealTime Search menggunakan database Interbase di media sosial Facebook https://www.facebook.com/notes/komunitas-programmer-delphi-dan-interbase-indonesia/contoh-aplikasi-realtime-search-menggunakan-interbase/480900875287982.
Kali ini saya ingin berbagi aplikasi yang sama dengan menggunakan database Firebird dengan beberapa perbaikan yaitu dengan menambahkan beberapa komentar di source code sehingga lebih mudah di pelajari.
Apa fungsi aplikasi ini, tentunya sudah banyak yang tahu yaitu sebuah aplikasi yang secara otomatis akan melakukan pencarian setelah kita mengetikkan beberapa huruf tanpa menunggu kita menekan enter atau klik button.
Aplikasi ini saya buat menggunakan Turbo Delphi (Delphi 2006) dan insya Alloh tidak masalah dibuka menggunakan Delphi versi lain.
Komponen yang digunakan pada aplikasi ini adalah IBX (Interbase) bawaan delphi dan Alpha Skin.
Untuk databasenya menggunakan Firebird 2.54 yang bisa didownload gratis di situs resminya ( http://www.firebirdsql.org/en/firebird-2-5-4/ ) bila belum punya.
Untuk yang belum punya Firebird dan belum ingin menginstall Firebird bisa mencoba Firebird versi Embeded (tanpa install).
Oke dah, langsung saja sedot aplikasinya di https://app.box.com/s/5oi1saxu1ob7qo7a4nwmfbddsxh37470
Untuk versi FB Embeded silahkan download https://app.box.com/s/l58u0a18hp2gy8rxy44xn50djzlf5tfp dan copykan menjadi satu folder dengan aplikasinya.
Demikian semoga bermanfaat.
Bila ada kesulitan bisa ditulis dikolom komentar atau diposting ke grup Komunitas programmer Delphi dan Interbase Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.