Instalasi Firebird 4.0 secara manual

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kangen nulis lagi setelah lama vakum.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang cara instalasi Firebird (pada contoh ini Firebird 4.0) secara manual sehubungan dengan sudah ada instalasi Firebird sebelumnya, sebagaimana kita ketahui bahwa instalasi standar selalu menindih service Firebird sebelumnya.

Instalasi manual ini diperlukan juga manakala kita ingin menginstall lebih dari satu versi Firebird dalam satu komputer.

Syarat untuk dapat install lebih satu versi Firebird dalam komputer yang sama adalah membuat unik point-point berikut, misal pada Firebird 4.0 saya atur sbb :

  1. Folder = c:\fb40
  2. Port = 3065
  3. IPCName = FIREBIRD40
  4. Service Name = fb40

Langsung saja kita mulai dengan melakukan download master Firebirdnya,

masuk ke http://firebirdsql.org/en/firebird-4-0/ kemudian cari yang typenya zip.

kita bisa pilih yang 32bit atau 64bit, jika kita install yang versi 64 bit dan aplikasi kita (project Delphi misalnya) yang dicompile dengan win32, maka kita perlu download juga paket 32 bit untuk mengambil beberapa client library yang mana kita perlukan.

Setelah kita download master Firebird dalam bentuk zip diatas, extract semua isinya kedalam satu folder yang telah kita siapkan misalnya c:\fb40,

untuk 64bit ada tambahan beberapa file dari paket 32bit yang harus diextract kedalam folder c:\fb40\Wow64 yaitu fbclient.dll, firebird.msg, msvcp140.dll, vcruntime140.dll dan zlib1.dll,

jika kita ingin mendistribusi aplikasi yang mengakses database firebird 4 maka file-file inilah yang harus disertakan.

Setelah semua file diextract pada folder yang telah disiapkan, tahap selanjutnya yaitu membuat user dan password SYSDBA, untuk itu kita perlu masuk command prompt dan “Run as Administrator“, perlu diketahui bahwa sejak Firebird 3.0 tidak lagi didistribusikan dengan menggunakan password standar “masterkey“, dan bahkan distribusikan tanpa user apapun. Kita harus membuat user SYSDBA sebelum server dapat dijalakan, untuk password bebas tidak harus masterkey, password boleh panjang tidak lagi diakui 8 karakter seperti Firebird 2.5.

Pertama kita masuk utility ISQL dengan mengetikkan perintah isql -u sysdba employee (employee adalah database demo dari firebird, karena untuk membuat user diharuskan konek ke database lokal secara embeded).

Selanjutnya kita buat user SYSDBA dengan cara create user SYSDBA password ‘masterkey’;

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya password tidak harus masterkey tapi bebas, malah disarankan membuat password yang mudah diingat tapi susah ditebak orang lain.

Setelah membuat user SYSDBA tahapan selanjutnya adalah modifikasi konfigurasi (firebird.conf) agar tidak bentrok dengan Firebird lain jika ada, untuk ini kita gunakan notepad, namun perlu diingat harus jalan dibawah kendali “Run as Administrator“.

Beberapa entry yang harus kita tambahkan (letakkan pada bagian bawah sendiri), ada beberapa setting namun minimal ada 2 yang paling penting (tanda panah pada gambar).

Pertama .. RemoteServicePort = 3065, ini untuk menentukan port mana yang mau digunakan Firebird server nantinya, seperti kita ketahui bahwa default port untuk Interbase/Firebird adalah 3050, maka dari itu kita bikin beda agar tidak bentrok, port ini bebas selama tidak dipakai oleh yang lain, contoh punya saya 3064 untuk Firebird 3.0, 3065 untuk Firebird 4.0 dan 3066 untuk Firebird 5.0.

Kedua .. IPCName, ini harus unik, defaultnya Firebird saja.

Ketiga .. yang mungkin perlu adalah DataTypeCompatibility = 3.0, perlu diketahui bahwa Firebird 4.0 sudah mendukung operasi numeric diatas 18 digit, jika kita melakukan operasi perkalian 2 buah numeric(18) maka akan terjadi error jika aplikasi client kita tidak mendukung, dengan setting diatas maka masalah tersebut tersolusikan.

Setelah pengaturan konfigurasi tahapan selanjutnya adalah install Firebird Service.

fb40 adalah nama service, bebas tapi harus unik.

Setelah install Firebird service sukses dan tidak ada error, berarti tahapan instalasi Firebird 4.0 secara manual telah selesai.

Demikian semoga sedikit ilmu pengalaman ini bermanfaat bagi kita semua.

Aamiin.

Link …

Leave a Reply

Your email address will not be published.