Agar Firebird Server dapat jalan berdampingan dengan Interbase Server

Bagaimana caranya agar Firebird Server dapat jalan berdampingan dengan Interbase Server dalam satu komputer.

Tulisan berikut ini mungkin bisa  menjadi sebuah solusi bagi yang ingin mencoba Interbase namun belum bisa meninggalkan Firebird.

Seperti kita ketahui bersama Firebird dan Interbase secara default menggunakan alamat port (3050) dan nama library yang sama (gds32.dll).

Untuk alamat port  sebenarnya baik Interbase maupun Firebird sama2 bisa dirubah, namun karena tujuan akhir adalah menggunakan Interbase maka yang kita bahas dalam tulisan berikut ini adalah mengganti port firebird menjadi 3051 dan mengembalikan nama library firebird menjadi nama dia sendiri yaitu fbclient.dll (optional, bisa juga tidak dirubah tapi nantinya gds32 punya firebird harus dicopykan jadi satu folder dengan client aplikasi yang menggunakan firebird).

Ada sedikit perubahan untuk mengakses database firebird dari sisi client, jika sebelumnya data diakses menggunakan alamat 192.168.0.1:c:\data.fb\dataku.fdb maka untuk selanjutnya dipanggil dengan menggunakan  192.168.0.1/3051:c:\data.fb\dataku.fdb

kita mulai sajalah, cuman perlu beberapa langkah …

  • buka file firebird.conf (ada di folder tempat firebird diinstall) dengan menggunakan notepad.
  • cari baris #RemoteServicePort = 3050 (bisa gunakan Ctrl+F)
  • buang tanda # dan rubah angka 3050 menjadi 3051
  • sehingga setelah dirubah akan menjadi  RemoteServicePort = 3051
  • rubah file gds32.dll yang ada di windowssystem32 menjadi fbclient.dll
  • Restart Firebird server atau sekalian restart komputernya jika kesulitan
  • Install Interbase Server

Sekarang kita dapat menggunakan Interbase Server dan Firebird server dalam satu komputer.

Beberapa komponen koneksi vcl seperti FIBPlus/DBExpress memang memperbolehkan kita mendefinisikan client library yang berbeda, namun pada konenksi vcl seperti IBExpress dan Zeos kita tidak dapat merubahnya, kita dipaksa untuk menggunakan library standar yaitu gds32.dll.

Bila kita menggunakan vcl yang tidak mengijinkan client librarynya dirubah atau kita tidak mau compile ulang project Firebird yang sudah jadi solusinya adalah dengan mengcopy gds32.dll punya Firebird ke folder tempat projectnya berada, begitu juga dengan Project Interbase juga dicopykan gds32.dll punya Intebase ke folder tempat projectnya berada.

Jadi nantinya pemanggilan database dengan cara seperti ini …

192.168.0.1:c:\data.ib\dataku.ib => Interbase
 192.168.0.1/3051:c:\data.fb\dataku.fdb => Firebird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *